Solusi Punya Rumah

wujudkan rumah impian anda bersama kami

Apa yang harus dipertimbangkan untuk membeli rumah?


Rumah merupakan kebutuhan dasar manusia. Rumah adalah tempat bernaung dari paparan sinar matahari dan guyuran hujan. Selain memenuhi kebutuhan secara jasmani, rumah juga merupakan tempat dimana kita bias memenuhi kebutuhan rohani. Rumah merupakan awal kita menjalani hidup bersama keluarga kita dan orang-orang terkasih kita. Tempat membesarkan anak-anak kita. Rumah juga merupakan awal dari interaksi social kita.

Karena begitu pentingnya fungsi rumah, maka sudah seharusnya kita memiliki sebuah rumah. Besar atau kecil bukanlah sesuatu yang penting, semua akan disesuaikan dengan kemampuan kita. Betapapun kondisinya, rumah merupakan sesuatu yang penting buat kita.

Karena begitu pentingnya fungsi rumah, maka permintaan akan kebutuhan rumah akan terus meningkat. Khususnya bagi pasangan muda. Maka bagi pasangan muda sangatlah penting untuk memperhatikan factor-faktor dalam mencari rumah. Bagi pasangan muda yang ada keinginan untuk memiliki rumah, ada hal-hal yang harus diperhatikan dalam rencana memiliki rumah. Khususnya dengan cara kredit atau KPR.

Antara lain:

1. Cek jejak perbankan anda.

Sebelum anda mengajukan kredit rumah, sebaiknya anda cek dulu trackrecord perbankan anda. Anda bisa melakukannya dengan BI checking. Dari situ anda akan tahu catatan perbankan anda bersih atau tidak. Apabila anda ada masalah dengan catatan perbankkan anda, segera cari tahu dan selesaikan dulu. Untuk membersihkan catatan perbankan, perlu waktu. Oleh karena itu sangat penting untuk mempersiapkannya sebelum mengajukan kredit ke bank.

2. Jaga alur keuangan dalam rekening anda.

Catatan transaksi perbankan sangat penting dalam pengajuan kredit. Usahakan semua transaksi masuk catatan perbankan, terutama pemasukan.

3. Persiapkan dana untuk uang muka.

Uang muka merupakan hal penting dalam perbelian rumah. Walaupun saat ini banyak promo dari perbankan atau developer yang menawarkan uang muka atau DP 0%. Sebaiknya anda juga menghitung kemampuan keuangan anda. Karena besar kecilnya plafon kredit yang diberikan oleh bank tergantung juga oleh seberapa besar total penghasilan anda setiap bulannya. Bagi pasangan yang sudah menikah, bisa dihitung gabungan penghasilan keduanya. Jadi plafon kredit yang akan diterima bisa lebih besar.

4. Perhatikan karir pekerjaan anda.

Status pekerjaan sangat penting dalam pengajuan kredit rumah. Untuk karyawan, biasanya harus menjadi pegawai tetap minimal 2 tahun. Sedangkan untuk professional ada syarat-syarat tersendiri. Bagi yang sudah menikah, anda bisa mengajukan kredit atas nama suami atau istri. Tergantung dari mana yang lebih memenuhi syarat.

5. Ukur kemampuan keuangan anda

Ini penting karena menyangkut kelancaran pembayaran angsuran. Dan yang terpenting tidak mengganggu kebutuhan keluarga. Biasanya besaran angsuran kira-kira 30% dari total income.

6. Pertimbangkan lokasi

Lokasi yang strategis memang penting dalam pertimbangan membeli rumah tinggal. Anda harus memperhitungkan jarak dari rumah ke kantor, besaran biaya transportasi sehari-hari. Namun juga harus disesuaikan dengan kemampuan.

7. Lihat track record pengembangnya

Ini sangat penting diperhatikan, cobalah untuk menelusuri trackrecord pengembangnya. Biasanya pengembang yang sudah berpengalaman telah mempunyai proyek beberapa sebelumnya. Namun tidak lupa cari info, apakah pengembang tersebut banyak masalah dengan konsumen sebelumnya. Atau kalau pengembang baru, check dulu keabsahan legalitasnya.

8. Sesuaikan harga rumah dengan kemampuan

Ini juga tidak kalah pentingnya, karena ini menyangkut kelancaran angsuran.

Demikianlah hal-hal yang perlu diperhatikan dalam rencana pembelian rumah. Semoga bermanfaat.